Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling
Qur’ani untuk mengurangi penyimpangan perilaku pada siswa kelas XII MA ASSyafi’iyah NW Tarekat tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan
satu orang siswa yang memiliki penyimpangan perilaku yang diambil sebagai
sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diproleh dari angket
kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan
menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung
banyak skor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara
kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan (Konseling Qur’ani). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase
baseline mendapatkan skor rata-rata (MI) 60, dan pada fase intervensi
mendapatkan skor rata-rata 59,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya
pengaruh pemberian layanan Konseling Qur’ani untuk mengurangi penyimpangan
perilaku pada siswa kelas XII MA AS-Syafi’iyah NW Tarekat tahun pelajaran
2019/2020.
Kata Kunci : layanan konseling qurani, mengurangi penyimpangan perilaku