Abstract :
Penelittian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok
menggunakan pendekatan realitas dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar siswa
di SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen dengan desain penlitian pre-eksperimental designs. Dengan desain yang
di gunakan adalah sampel pre-test-pos-test. Populasi penelitian ini adalah 12 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang di gunakan purposive sampling dimana sampel
adalah siswa kelas XI.IPA yang jumlahnya 8 orang. Dengan menggunakan metode
instrument angket yang dikembangkan menggunakan 4 skala likert. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dalam kondisi awal sebelum diberikan layanan bimbingan
kelompok secara keseluruhan diperoleh data 91,7 termasuk dalam kategori sedang,
dan setelah layanan diberikan dari hasil angket yang telah disebarkan diperoleh data
secara keseluruhan 104,5 meskipun masih dalam kategori sedang namun terjadi
peningkatan skor sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok diberikan.
Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan
pendekatan realitas efektif untuk mengatasi masalah siswa yang mutu kegiatan
belajarnya rendah di SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2018/2019.
Kata-kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Pendekatan Realitas, dan Mutu Kegiatan
Belajar