Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok untuk
meningkatkan pemahaman siswa tentang zero waste pada siswa kelas VIII MTs NW
Masbagik tahun pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen preeksperimental dengan menggunakan one group pre-test post test design. Subjek penelitian
ini adalah 12 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancra dan angket pemahaman tentang daur ulang sampah dan dianalisis
dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan
statistik sederhana dan data kualitataif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis
naratif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa data kondisi awal siswa sebelum di berikan
bimbingan kelompok menggunakan wawancara dan angket untuk meningkatkan
pemahaman tentang zero waste termasuk dalam kategori tinggi, dengan
karakteristik (1) siswa cendrung memiliki rasa tidak tanggung jawab
terhadap lingkungan sekolah yang kotor. (2) sebagian besar siswa
membuang sampah sembarangan baik itu didalam kelas maupun
dilingkungan sekolah. (3) siswa cendrung ingin menghindar ketika
temannya yang lain menegur jangan membuang sampah sembarangan. (4)siswa tidak bisa mendaur ulang sampah yang sudah tidak dipakai lagi. (5)
siswa juga sulit untuk menjaga kebersihan dengan baik karna tidak ada
kedisiplinannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah evektifitas
penggunaan bimbingan Kelompok untuk meningkatkan pemahaman
tentang zero waste. Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci:bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman zero waste..