Abstract :
ROSITA , 2018. “Penggunaan teknik pendekatan Rasional Emotif Behavioral
Therapy untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa pada Kelas VIII MTs
Baiturrohman Bagik Papan Tahun Pelajaran 2017/2018 †Skripsi, Program
Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(FKIP) Universitas Hamzanwadi 2017/2018. Pembimbing I : Dra hj
marfuatun, M.Pd. dan Pembimbing II : muhammad deni siregar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling rasional
emotif behavior therapy untuk meningkatkaan percaya pada siswa kelas VIII di
MTS Baiturrohman Bagik Papan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini
menggunakan satu orang siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang
rendah yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain AB.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang
diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen
subjek tunggal dengan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase
baseline dan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase intervensi
kemudian dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh
sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling Rasional Emotif Behavior
Therapi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan
sekor rata-rata 62 dan pada fase intervensi mendapatkan sekor rata-rata 64.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dalam penggunaan layanan
Konseling Rasional Emotif Behavior Therapi untuk meningkatkan percaya diri
siswa kelas VIII MTs Baiturrohman Bagik Papan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : Pendekatan Konseling Rasional Emotif Behavioral Therapy dan
percaya diri