Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas bimbingan kelompok
untuk meningkatkan kreativitas atas pilihan karir siswa SMKN 1 Selong tahun
pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen
pre eksperimental dengan menggunakan one grup pre test post test desain. Subjek
penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas XI tehnik pengumpulan data menggunakan
angket tingkat kreativitas dan dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif berupa
angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitatif
dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum
diberikan bimbingan kelompok yang diperoleh menggunakan angket tingkat
kreativitas dengan total skor 49 yang termasuk dalam kategori tidak kreativ, karena
berada pada rentangan 36 s/d < 52. Berdasarkan karakteristik siswa yang memiliki
klasifikasi tingkat kreativtas rendah, yaitu: tidak mampu menggunakan jaringan
internet, mudah bosan ketika melakukan servis, tidak tertarik terhadap bidang lain,
tidak bisa menyelesaikan suatu pekerjaan, sulit mengeluarkan pendapat, jarang
memiliki ide, tidak mampu membayangkan langkah-langkah atau jalan keluar dari
suatu permasalahan atau tugas.
Setelah siswa diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok
diperoleh total skor sebesar 72, yang termasuk dalam kategori kreativ, karena berada
pada rentang 68 s/d <84. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan
kelompok evektif untuk meningkatkan kreativitas atas pilihan karir siswa SMKN 1
Selong
Kata kunci: bimbingan kelompok,kreativitas, karir.