Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Qur’ani dengan
teknik scaling, exceptions, miracle question untuk meningkatkan konsep diri siswa
kelas XII Tata Boga SMK NW Pancor Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini
menggunakan satu orang siswa yang memiliki konsep diri negatif yang kemudian
diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari
angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan
menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung
banyak sekor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara kedua
fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
(konseling Qur’ani dengan teknik scaling, exceptions, miracle question). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan sekor rat-rata 62,5
dan pada fase intervensi mendapatkan sekor rata-rata 67,4 Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pemberian layanan Konseling Qur’ani memberikan pengaruh
dalam meningkatkan Konsep Diri pada siswa kelas XII SMK NW Pancor tahun
pelajaran 2018/2019.
Kata kunci : Pendekatan Konseling Qur’ani dan Konsep Diri.