Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membuat konseling kelompok untuk
meningkatkan perilaku kedisiplinan siswa SMAN 1 Labuhan Haji kelas X1
IPA 1. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana efektifitas
konseling kelompok untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan siswa SMAN
1 Labuhan Haji kelas X1 IPA 1 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan Reserch dan Development model,
disesuaikan dengan kebutuhan penelitian terdiri dari Tahapan pengembangan
yaitu: Pra penelitian, Analisis, Desain Produk, Uji coba lapangan, Revisi.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data
kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil penelitian, tanggapan, kritik dan
saran perbaikan menggunakan angket pernyataan. Sedangkan data kuantitatif
diperoleh menggunakan angket pretes dan protes pemahaman siswa terhadap
kedisiplinan. Berdasarkan data hasil dapat diketahui bahwa produk berupa
konseling kelompok kedisiplinan dari segi materi dapat dikategorikan
“Baik†(37,38 dengan jumlah skor 45, dari segi tampilan dapat
dikategorikan “Baik†dengan jumlah skor 58 dan dari segi
validasi guru BK dapat dikategorikan “baik†( 44,2 ˂ x ≤ 54,7 ) dengan jumlah
skor 48.
Adapun hasil angket respon siswa terhadap kegiatan bimbingan dapat
dikategorikan “sangat merespon†(85%). Setelah dilakukan perhitungan
terhadap data angket pemahaman siswa terhadap kedisiplinan dengan
perbandingan antara hasil pretes dan postes, yaitu 53,9 < 63,1 dengan selisih
rata-rata yaitu: 9,2. Pada kategori skor terjadi perubahan dari kategori sedang
ke kategori tinggi. Analisis akhir menggunakan rumus uji t dari hasil
perhitungan hipotesis menunjukkan t- hitung lebih besar dari pada nilai ttabel 1,812). Artinya bahwa hasil perhitungan Ha untuk “Konseling
kelompok untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan siswa†diterima.
Kata Kunci: konseling kelompok dan kedisiplinan