Abstract :
Susi Sarjaenuryanti (2018) “Konseling Behavioral Dengan Menggunakan
Teknik Reward Punishment Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Kelas
Viii Mts Nw Sikur Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Skripsi Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidkan, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas
Hamzanwadi. Musifudin M.Pd. Pembimbing I Dan Fitri Aulia, M.Pd.I
Pembimbing II
Kata kunci : perilaku membolos, konseling behavior dengan teknik rewardpunishment.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku membolos pada
siswa melalui konseling individu dengan pendekatan behavior menggunakan
teknik reward-punishment pada siswa kelas VIII MTS NW Sikur yang mengalami
perilaku membolos sebagai sampel. Desain studi ini adalah percobaan eksperimen
single subjek / SSQD (single subject qualitative design) dengan desain tipe A-B
sasaran studi adalah siswa kelas viii mts nw sikur yang sangat berlebihan
membolosuntuk menjadi sampel. Metode pengumpulan data dengan observasi dan
pemberian angket. Dari hasil ujicoba instrumen sudah valid dan reliabel. Hasil
penelitian menunjukkan sebelum diberikan layanan konseling individu dengan
pendekatan behavior menggunakan teknik Reward-Punishment siswa dalam
kategori tinggi dengan skor 69. Setelah mendapatkan layanan konseling individu
dengan pendekatan behavior menggunakan teknik rewad-punishment siswa
meninggat menjadi kategori rendah dengan skor 63. Berdasarkan hasil dari fase
baseline dan fase intervensi dapat disimpulkan bahwa pemberian konseling
individu dengan pendekatan behavior menggunakan teknik reward-punishment
dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku membolos pada siswa kelas VIII
MTS NW Sikur.