Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
teknik REBT dengan menggunakan model ABCDEF untuk mengatasi rasa
rendah diri siswa kelas VII di MTs NW Tanak Maik Tahun Pembelajaran
2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain subjek tunggal menggunakan desain (A-B). Dalam penelitian ini
digunakan satu orang siswa yang bermasalah sebagai sampel yaitu yang
diambil dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan skala. Analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase
intervensi (B), dan menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan
menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi, banyaknya
variabel terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data dan perubahan level
data dalam satu kondisi atau antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa ada pengaruh pemberian layanan pendekatan konseling pengaruh
konseling REBT dengan menggunakan model ABCDEF untuk mengatasi rasa
rendah diri siswa di MTs NW Tanak Maik.
Kata Kunci: Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), ABCDEF, Rasa
Rendah Diri