DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REBT DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK DAN RELAKSASI UNTUK MENGATASI KECEMASAN TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA MTS NW TANAK MAIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
MUZNA, SITI
Subject
Strategi Pembelajaran 
Datestamp
2020-12-23 02:19:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling kelompok Pendekatan REBT Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Dan Relaksasi Untuk Mengatasi Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V11 MTs NW Tanak Maik Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas V11 yang berjumlah 66 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas V11.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one group preetest- postest design. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket gangguan kecemasan terhadap matematika. Hasil hipotesis menunjukan bahwa t hitung > t tabel yaitu (3,12 > 1,71) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas konseling kelompok pendekatan REBT dengan teknik desensitisasi sistematik dan relaksasi untuk mengatasi kecemasan terhadap mata pelajaran matematika siswa kelas V11 MTs NW Tanak Maik Tahun Plajaran 2018/2019. Kata Kunci: Konseling Kelompok Pendekatan REBT Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik, Kecemasan Mata Pelajaran Matematika 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi