Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling kelompok
Pendekatan REBT Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Dan Relaksasi Untuk
Mengatasi Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V11
MTs NW Tanak Maik Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini
menggunakan eksperimen.
Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas V11 yang berjumlah 66
siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah ditentukan dengan teknik purposive
sampling. Kelas V11.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa.
Desain penelitian yang digunakan adalah one group preetest- postest design.
Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket gangguan kecemasan terhadap
matematika. Hasil hipotesis menunjukan bahwa t hitung > t tabel yaitu (3,12 >
1,71) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat efektivitas konseling kelompok pendekatan REBT dengan teknik
desensitisasi sistematik dan relaksasi untuk mengatasi kecemasan terhadap mata
pelajaran matematika siswa kelas V11 MTs NW Tanak Maik Tahun Plajaran
2018/2019.
Kata Kunci: Konseling Kelompok Pendekatan REBT Dengan Teknik
Desensitisasi Sistematik, Kecemasan Mata Pelajaran Matematika