Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok
Realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII
MTs NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan
lima orang siswa tapi fokuskan kepada satu orang siswa yang memiliki masalah
tidak mamapu mengontrol emosi yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal
dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan skala kemampuan mengontrol emosi. Data yang diproleh dari skala
kemampuan mengontrol emosi kemudian dianalisis menggunakan rumus
eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak skor yang didapatkan pada
fase baseline dan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase intervensi
kemudia dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh
sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling kelompok realitas dalam
untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan skor rata-rata (MI) 123,6,
dan pada fase intervensi mendapatkan skor rata-rata 135,6. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling kelompok
realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII
MTs NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019/2020.