Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, bentuk, penyebab, pengaruh
dan prognosis guru BK pada siswa yang kurang mendapat perhatian orang. Jenis
penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, leger nilai, instrument kedurhakaan, instrument sosiometri, instrument DCM,
wawancara, angket orang tua dan kunjungan rumah. Teknik analisis data menggunakan
observasi, leger nilai, wawancara, instrumen dan kunjungan rumah. Dari penelitian ini
menunjukkan bahwa siswa kurang mendapatkan perhatian disebabkan oleh cara asuha
orang tua yang salah, selanjutnya yang menjadi peyebab kurangnya perhatian orang tua
pada siswa karena faktor lingkungan, sosial, pendidikan dan ketaatan orang tua kepada
Tuhan, yang mempengaruhi prestasi siswa menjadi menurun, sosial terisolir, dan siswa
perlu di berikan layanan-layanan seperti layanan konseling individu, konseling kelompok,
konseling karir dan kunjungan rumah, untuk mengentaskan permasalahan siswa.
Kata kunci : Kurangnya Perhatian Orang Tua, Studi Kasus