Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka
1-10 menggunakan media kartu angka pada anak kelompok A TK Dharma Wanita
Kotaraja Kabupaten Lombok Timur. Kemampuan mengenal angka meliputi
menyebut angka 1-10, menempelkan angka 1-10 sesuai jumlah gambar, dan
menulis angka 1-10. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilakukan secara kolaboratif, dengan subjek penelitian sebanyak 12
anak usia 4-5 tahun terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes.
Menggunakan tekhnis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 menggunakan media kartu angka
pada siklus I kemampuan menyebut angka 48,3%, Kemampuan menempel angka
sesuai jumlah gambar 49,1%, Kemampuan menulis angka 45%. Pada Siklus II
terjadi peningakatan, kemampuan menyebut angka 74,1%, Kemampuan
menempel angka sesuai jumlah gambar 80,8%, Kemampuan menulis angka
74,1%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu angka dapat
meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK
Dharma Wanita Kotaraja Tahun Ajaran 2017/2018
Kata Kunci: kemampuanmengenalangka 1-10, kartuangka.