Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individu
dengan pendekatan realita dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di MA
AL-KHAIRIYAH NW Putra Rajak tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen subjek
tunggal (single subject design). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. Tehnik
pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar dan analisis
menggunakan data kuantitatif dan diolah menggunakan analisis naratif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi awal siswa sebelum diberikan
konseling individu yang diproleh menggunakan angket kemandirian belajar dengan
skor 25 sehingga masuk dalam kategori rendah, karena berada pada rentang 11,1
s/d 25,7. Dengan Sfesifikasi dalam setiap aspek, yaitu: a) siswa kurang yakin di
setiap tugas yang ia kerjakan sudah benar, b) siswa masih kurang dalam membuat
catatan sendiri untuk memudahkan proses belajar, c) siswa masih kurang dalam
membuat jadwal belajar di rumah untuk mengingat pelajaran esok, d) siswa kurang
belajar secara teratur meskipun tidak sedang ulangan, e) siswa kurang
memperhatikan penjelasan guru f) siswa masih kurang membaca buku setiap
harinya, g) siswa masih kurang tenang saat ada masalah dalam proses belajar, h)
siswa kurang optimis dalam belajar, i) siswa kurang dalam mencari buku refrernsi
jika ada pelajaran yang ia tidak mengerti, j) siswa kurang memotivasi diri saat mulai
putus asa dalam belajar, dan k) siswa kurang yakin untuk mampu mengatasi
masalah yang ia hadapai saat belajar. Pada fase post-test/ intervensi (setelah
diberikan layanan konseling individu dengan pendekatan realita) diproleh total skor
45 yang termasuk dalam kategori tinggi, karena berada pada rentang 40,3 s/d 54,9.
Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling individu dengan
pendekatan realita berpengaruh dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di
MA AL-KHAIRIYAH NW Putra Rajak tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Konseling Individu Pendekatan Realita, Kemandirian Belajar