Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembembinaan
perilaku hidup bersih dan sehat pada kelompok A di TK Hamzanwadi Pancor
meliputi: (1) bagaimana proses pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (2)
faktor pendukung dalam pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (3) faktor
penghambat dalam pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (4) orang yang
berperan dalam pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Unit analisis utama adalah kelas, terdiri dari peserta didik, guru, kepala sekolah
dan masyarakat.informan kunci, yaitu kepala sekolah, guru, orang
tua.pengambilan sempel informan di ambil secara acak. Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data
diperoleh melalui trimulasi data. Teknik analisis data.
Hasil penelitian tentang pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat pada
kelompok A di TK Hamzanwadi Pancor, menunjukan bahwa: kegiatan mencuci
tangan dengan sabun dan air mengalir dilakukan siswa melalui pembiasaan setiap
hari, guru menjelaskan pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat selama
kegiatan berlangsung dengan media foster dan gambar, kurang tersedianya alat
menimbang berat badan, meteran tinggi badan dan stok sabun cuci tangan karna
masih digunakan guru lain, sehingga masyarakat sangat berperan terhadap
perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah agar terciptanya sekolah
yang bersih dan sehat.
Kata kunci: pembinaan, perilaku hidup bersih dan sehat.