Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio
Visual Terhadap Penguasaan Kosakata (Kata Kerja Dan Kata Benda) Anak
Kelompok B2 Ra Alhasaniyah NW Jenggik Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis
peneltian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk desain one-group
pretest-posttest design.. Populasi penelitian ini adalah B1 dan B2RA Al
Hasaniyah NW Jenggik Tahun Ajaran 2017/2018 . Sampel penelitian meliputi
kelompok B2 yang terdiri dari 15 anak. Instrumen penelitian yang digunakan
dalam penelitian berupa lembar observasi dan tes. Tes dalam bentuk lembar kerja
siswa yang terdiri atas 15 butir soal. Teknik analisa data menggunakan uji
normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil pengujian normalitas kelas
eksperimen pretest yaitu 8,65 dan postest yaitu 9,50 dengan X2 tabel11,070, maka
data hasil belajar anak berdistribusi normal dan dilihat dari rata-rata nilai akhir tes
yaitu dari 57,6 menjadi66,66, maka ada peningkatan hasil belajar anak, selain itu
juga terlihat pada hasil perhitungan pengujian hipotesis yang menunjukan bahwa
thitung (2,226) > ttabel (2,131). Dimana ttabel dihitung dengan taraf kepercayaan 5%
adalah 2,131.Jadi, hasil pengujian hipotesis adalah signifikan, maka Ho ditolak
dan Ha diterima. Sehingga dari hasil uji data tersebut dapat disimpulkan bahwa
media audio visual berpengaruh terhadap penguasaan kosakata (kata kerja dan
benda) anak Kelompok B2 Ra Alhasaniyah NW Jenggik Tahun Ajaran 2017/2018
Kata Kunci : media audio visual, penguasaan kosakata (kata kerja dan kata
benda).