Abstract :
Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal
kata dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan pengenalan kata melalui permainan kartu gambar menggunakan
metode cantol roudhoh di kelompok B TK Mahkota Selong tahun ajaran
2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu guru
yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah
anak kelompok B TK Mahkota Selong Tahun pembelajaran 2017/2018 dengan
jumlah anak sebanyak 25 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan
metode cantol roudhoh untuk meningkatkan kemampuan pengenalan kata melalui
permainan kartu gambar di kelompok B TK Mahkota Selong.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap
kemampuan pengenalan kata pada anak kelompok B TK Mahkota Selong pada
sebelum tindakan mencapai 33% untuk jawaban alternatif “Ya†dengan kategori
“Rendahâ€. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan metode
Cantol Roudhoh, kemampuan mengenal kata pada anak meningkat menjadi 56%
untuk jawaban alternatif “Ya†dengan kategori “Sedangâ€. Adapun setelah
dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan mengenal kata pada anak
meningkat menjadi 78% untuk jawaban alternatif “Ya†dengan kategori “Baikâ€
yang artinya ada peningkatan. Dan dilakukan perbaikan pada siklus III
kemampuan mengenal kata pada anak kembali meningkat menjadi 95% untuk
jawaban alternatif “Ya†dengan kategori “Baik Sekaliâ€. Artinya ada peningkatan
yang signifikan terhadap kemampuan mengenal kata pada anak kelompok B TK
Mahkota Selong.
Kata Kunci: Metode Cantol Roudhoh, Pengenalan Kata, PTK, Kartu Bergambar.