Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Smart House untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hasaniyah NW
Jenggik Tahun Ajaran 2018/2019.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg
and Gall yang telah disederhanakan menjadi 6 tahapan yang terdiri dari: 1)
Analisis Kebutuhan, 2) Perencanaan, 3) Pembuatan Produk Awal, 4) Revisi
Media Pembelajaran, 5) Uji Coba Lapangan, 6) Revisi Akhir Media. Media yang
dikembangkan divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media sebelum
dilakukan uji coba kepada anak.Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 18 anak.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar,
dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
data kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif diperoleh penilaian kualitas produk
berupa saran dari ahli materi, dan ahli media. Data kuantitatif yaitu skor yang
didapat dari ahli media dan ahli materi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli media
memperoleh skor 4 (kriteria baik), hasil validasi ahli materi memperoleh skor 3,3
(kriteria cukup) dan hasil tes belajar dan observasi memperoleh persentase
klasikal 89% Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 11% Mulai Berkembang
(MB).Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Smart House
layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci: media, smart house, kemampuan kognitif