Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motorik
halus melalui kegiatan menggunting bentuk geometri pada kelompok A usia 4-5
tahun di RA Jamiatul Mu’min Desa Paok Pampang Kec. Sukamulia Kab. Lombok
Timur tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
penelitian tindakan kelas (PTK) dimana peneliti sebagai observer dan partisipan.
Penelitian ini sebanyak III siklus, pada tiap siklusnya melaksanakan pertemuan
tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak didik RA Jamiatul Mu,min
Kelompok A sebanyak 26 orang anak didik, objek penelitian ini adalah
meningkatkan motorik halus melalui kegiatan menggunting bentuk geometri.
Hasil pengamatan pada pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan
motorik halus anak didik terkait dengan menggunting sangat minim, anak didik
terlihat masih kaku dalam menggunakan gunting, anak didik belum bisa
memposisikan gunting pada jari dengan benar. Setelah dilakukan tindakan pada
siklus I perkembangan motorik halus anak didik terkait dengan menggunting
ketuntasan klasikal hanya mencapai 38%. Pada siklus ke II guru memperbaiki
kekurangan yang ditemukan pada siklus I diantaraya: mengatur posisi duduk anak
didik lebih baik dan teratur, memberikan pemahaman menggunting agar lebih
cepat dan mudah, memberikan mitivasi dan penghargaan, meningkatkan
bimbingan, media gambar dibuat lebih menarik., sehingga tingkat ketuntasan
dapat mecapai 58%. Penelitian dilanjutkan pada siklus III, pada siklus ini anak
didik hanya membutuhkan latihan yang kontinyu untuk melenturkan jemarinya
dalam menggunting sehingga mencapai tingkat ketuntasan dengan persentase 77%
melebihi standar minimal yaitu 75%. Oleh karna itu dapat disimpulkan motorik
halus anak didik dapat ditingkatkan melalui kegiatan menggunting bentuk
geometri pada kelompok A tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Motorik Halus, Kegiatan Menggunting, Bentuk Geometri, PTK