Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan anak usia 5-6 tahun (kelompok B) melalui media buku bergambar di
TK Negeri Pembina Sukamulia Lombok Timur. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Spiral oleh Kemmis & Mc.
Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Negeri Pembina
Sukamulia yang berjumlah 16 orang anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9
anak perempuan dengan usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil
observasi yang menunjukkan bahwa pada tahap pratindakan persentase rata-rata
anak mencapai 18,75%, pada pelaksanaan tindakan siklus I persentase mencapai
50% dan hasil persentase pelaksanaan tindakan siklus II mencapai 81,25%. Nilai
pada akhir siklus II tersebut telah memenuhi target indikator keberhasilan, yaitu
≥80% sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku bergambar dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun (kelompok
B) di TK Negeri Pembina Sukamulia Lombok Timur.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Buku Bergambar, Usia 5-6 Tahun