Abstract :
Tingkat kebugaran jasmani merupakan suatu aspek yang sangat
penting dimiliki oleh seseorang agar mampu menyelesaikan tugasnya
sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan serta masih
memiliki cadangan tenaga untuk melakukan tugas atau pekerjaan
selanjutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Identifikasi Tingkat
kebugaran jasmani Siswa Pasca Gempa SD Negeri 2 Sembalun
Bumbung kec. Sembalun Tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif . Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V dan VI SD Negeri 2 Sembalun dan
sampel yang digunakan sebanyak 80 siswa. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test one
group desain. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi dan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Data
dianalisis menggunakan t-test melalui tes awal dan tes akhir sebelum
dan susudah melakukan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI).
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,748
> 1,706 yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis
nihil (Ho) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada implementasi
circuit training terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa pasca
gempa SD Negeri 2 sembalun bumbung kec. Sembalun tahun 2018 .
Kata kunci : Kebugaran jasmani. Pasca gempa