Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan permainan
puzzle dapat meningkatkan minat belajar anak kelompok A2 usia 4-5 tahun pada
TK Sa’adatul Islamiyah NW Tembeng Putik Kecamatan Wanasaba tahun ajaran
2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
tahapan menyusun perencanaan tindakan (action plan), pelaksanaan tindakan
(actuating), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Dalam Penelitian
Tindakan Kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah anak-anak kelompok
A2 usia 4-5 tahun TK Sa’adatul Islamiyah NW Tembeng Putik dengan jumlah 18
orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis
deskriptif.Berdasarkan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran puzzle dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelompok A2 usia
4-5 tahun. Peningkatan minat siswa terlihat pada perolehan skor ( bintang ) ratarata
kelas pada setiap siklus, pra tindakan skor bintang rata-rata kelas sebesar 1,94
bintang, dan meningkat menjadi 2,50 bintang. Kemudian meningkat lagi pada
siklus kedua yakni 3,35 bintang. Sedangkan secara persentase, minat belajar siswa
meningkat pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II meningkat secara
signifikan yaitu sebesar 83,33%.
Kata Kunci: Permainan Puzzle, Minat Belajar,PTK