Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan dalam perkembangan kemampuan motorik kasar dan
kognitif anak melalui pengembangan model permainan tradisional Engklak
Edukatif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian
pengembangan dengan mengacu pada pendapat Bord & Gall. Produk yang
dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah pengembangan permainan
tradisional engklak edukatif dalam mengembangkan motorik kasar dan kognitif
anak usia 5-6 tahun. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah
subjek ahli, yaitu ahli materi daan ahli media serta guru/praktisi. Subjek yang
peneliti lakukan berada didua lembaga yang ada di kecamatan selong yaitu TK
Islam Selong dan TK Hamzanawadi Pancor. Penentuan subjek peneliti ambil dari
sample yang ada di Kecamatan Selong yakni 15 anak di TK Islam Selong dan 15
anak di TK Hamzanwadi Pancor. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi. Observasi ini untuk melihat pengembangan yang terjadi setelah
menggunakan permainan yang peneliti berikan. Data dianalisis secara deskripstif
kuantitatif dan kualitatif. Perlakuan dengan nilai t untuk kemampuan kognitif
sebesar 8,562 dengan taraf signifikansi 0,000 dan nilai t untuk kemampuan
motorik kasar sebesar 7,790 dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil
yang sudah di lakukan peneliti, maka permainan tradisional engklak edukatif
dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar dan kognitif anak usia 5-6
taun ini sudah layak di gunakan oleh anak- anak.
Kata Kunci: permainan tradisional, engklak edukatif, motorik kasar, kognitif,
usia 5-6 tahun