Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka
melalui kegiatan bermain stik angka pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al -
Asy’ari NW Reban Tebu Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilatarbelakangi
adanya permasalahan yaitu kurangnya kemampuan kognitif dalam pemahaman
tentang konsep mengenal angka 1-10. Hal ini disebabkan oleh kurangnya
kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran, anak kurang mendapatkan
motivasi dan tingkat pemahaman anak kurang optimal. Berdasarkan pengamatan
yang telah dilakukan terdapat beberapa rumusan masalah â€Apakah menggunakan
media stick angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada
anak kelompok B1 di TK Islam Al - Asy’ari NW Reban Tebu?. Desain Penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas
dan terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan.
Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok B1 di TK Islam Al -
Asy’ari NW Reban Tebu sebanyak 19 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan 11
anak laki-laki. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui
unjuk kerja. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa media stik angka
dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam konsep mengenal angka 1-10
terbukti dari siklus pertama sampai siklus kedua selalu mengalami peningkatan.
Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan mengenal angka 1-10
dengan tepat dan benar. Dan disarankan agar guru lebih kreatif mencari media
pembelajaran yang lebih baik. Untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar
hendaknya sekolah/kepala sekolah selalu menekankan pada guru untuk terus
memberikan motivasi pada anak. Begitu pula orang tua sangat besar perannya
dalam meningkatkan kemampuan dan membentuk kepribadian sosial anak.
Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Mengenal Angka 1-10.