Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kognitif peserta didik
setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Saintifik
(Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan)
pada peseta didik kelompok B.2 di TK Islam Al-Asy’ari Nw Reban Tebu Tahun
Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data pada penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan lembar observasi dan tes kemudian dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 16 orang peserta didik. Penelitian ini
berlangsung selama dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahapan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dan analisis data
menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik (Mengamati,
Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan) memberikan
peningkatan yang cukup baik terhadap kognitif peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan
dengan adanya peningkatan hasil tes dari tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan kemampuan kognitif peserta didik. Pada siklus I rata-rata hasil
evaluasi kegiatan peserta didik mencapai 62,2% yang menunjukkan kriteria sedang
sehingga belum mencapai kategori berkembang yakni masih dibawah 74%, sehingga
diadakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II terdapat rata-rata hasil evaluasi
kegiatan peserta didik mencapai 82,1% yang menunjukkan kriteria tinggi dan bisa
dikatakan kategori berkembang yakni di atas 74%, sehingga tidak dilakukan lagi
perbaikan pada siklus berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan
mengggunakan Pendekatan Saintifik pada peserta didik kelompok B.2 TK Islam Al-
Asy’ari Nw Reban Tebu berhasil meningkatkan kognitif peserta didik.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kognitif.