Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal
lambang bilangan 1-10 menggunakan APE angka pada anak usia 4-5 tahun TK
PKK Rinjani Pringgajurang Kabupaten Lombok Timur. Kemampuan mengenal
angka meliputi menyebutkan angka 1-10, menjodohkan angka dengan jumlah
gambar pada APE lotto angka dan memasangkan angka dengan gambar.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan secara kolaboratif, dengan subjek penelitian sebanyak 13 orang anak
usia 4-5 tahun terdiri dari 4 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes.
Menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan anak dalam
mengenal lambang bilangan 1-10 menggunakan APE angka. Peningkatan
terhadap kemampuan anak menyebutkan angka 1-10 dengan lembar observasi
pada pratindakan yang dilakukan satu kali pertemuan sebesar 63 %, mengalami
peningkatan pada akhir Siklus I menjadi 79,2 % dan pada akhir Siklus II menjadi
91,5 %. Kemampuan anak menjodohkan jumlah gambar dengan angka 1-10
menggunakan APE lotto angka pada pratindakan sebesar 68,4 % mengalami
peningkatan pada akhir Siklus I menjadi 93,8 % dan pada akhir Siklus II
meningkat menjadi 96,2 %. Kemampuan anak memasangkan jumlah gambar
dengan angka 1-10 pada lembar kerja anak (LKA) pada pratindakan sebesar 83,8
% mengalami peningkatan pada akhir Siklus I sebesar 87,6 % dan pada akhir
Siklus II meningkat menjadi 93 %. Nilai pada akhir Siklus II tersebut telah
memenuhi target indikator keberhasilan, yaitu ≥ 70 %. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa media APE angka dapat meningkatkan kemampuan anak usia
4-5 dalam mengenal lambang bilangan 1-10.
Kata Kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10, APE angka.