DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LOMPAT KARDUS BERWARNA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR LOMPAT JANGKIT PADA SISWA KELAS V SDN 4 TEBABAN TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
EDWIN R, LALU AHMAD
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2020-12-29 02:39:44 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah diterapkannya media pembelajaran lompat kardus terhadap hasil belajar teknik dasar lompat jangkit pada kelas V SDN 4 Tebaban Kec. Suralaga Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Bentuk desain eksperimen yang digunakana dalah preeksperimental desingn. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 25 orang siswa yang terdiridari17 laki-laki dan 8 siswi perempuan. Instrument pengumpulan data meliputi tes keterampilan lompat jangkit. Analisis data dilakukan dengan analisis uji-t. dari hasil tes lompat jangkit diketahui thitung ˃ ttabel (18,955 ˃ 2,797) dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yang berarti terdapat pengaruh setelah diterapkannya media pembelajaran lompat kardus. Terjadi prubahan peningkatan pada tes lompat jangkit sebesar 30%. Hal ini berdasarkan hasil tes lompat jangkit setelah diberi perlakuan (treatment), dimana mean posttest lebih besar dari mean pretest (14,2 Ë‚ 24,4), oleh karenaitu, penerapan media pembelajaran lompat kardus berwarna dapat diterapkan untuk pembelajaran pada teknik dasar lompat jangkit. Kata Kunci : Media Pembelajaran Lompat Kardus Berwarna, Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jangkit 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi