Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah
diterapkannya media pembelajaran lompat kardus terhadap hasil belajar teknik
dasar lompat jangkit pada kelas V SDN 4 Tebaban Kec. Suralaga Kabupaten
Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan
adalah eksperimen. Bentuk desain eksperimen yang digunakana dalah preeksperimental desingn. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik sampling jenuh dengan jumlah 25 orang siswa yang terdiridari17 laki-laki
dan 8 siswi perempuan. Instrument pengumpulan data meliputi tes keterampilan
lompat jangkit. Analisis data dilakukan dengan analisis uji-t. dari hasil tes lompat
jangkit diketahui thitung ˃ ttabel (18,955 ˃ 2,797) dapat disimpulkan bahwa hipotesis
diterima, yang berarti terdapat pengaruh setelah diterapkannya media
pembelajaran lompat kardus. Terjadi prubahan peningkatan pada tes lompat
jangkit sebesar 30%. Hal ini berdasarkan hasil tes lompat jangkit setelah diberi
perlakuan (treatment), dimana mean posttest lebih besar dari mean pretest (14,2 Ë‚
24,4), oleh karenaitu, penerapan media pembelajaran lompat kardus berwarna
dapat diterapkan untuk pembelajaran pada teknik dasar lompat jangkit.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Lompat Kardus Berwarna, Hasil Belajar
Teknik Dasar Lompat Jangkit