Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan sarana dan
prasarana pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri Se-Kecamatan
Suralaga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis
data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui lembar observasi
hasil kunjungan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik observasi. Responden dalam penelitian ini adalah guru olahraga Penjaskes.
Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 27 SD Negeri SeKecamatan Suralaga, maka disesuaikan dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik
analisis data yang digunakan adalah dengan rumus persentase, dan hasil dari
analisis data tersebut disingkronkan dengan standar kategorisasi.
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data dari lembar observasi sebesar
30,17 % masuk pada kategori kurang untuk sarana dan prasarana cabang olahraga
atletik, lalu disusul untuk sarana dan prasarana cabang olahraga permainan yaitu
59,48 % berada pada kategori sedang, dan 10,36 % dengan kategori kurang sekali
untuk sarana dan prasarana aktifitas ritmik. Kemudian pada tingkat kategori dan
persentase kelayakan atau kondisi sarana dan prasarana pembelajaran SD Negeri
Se-Kecamatan Suralaga didapat nilai sebesar 57,17 % dengan kategori kurang
sekali, kemudian disusul 22,83 % kategori baik, 8,48 % kategori baik sekali, 5,99
% kategori kurang, dan terakhir 5,53 % masuk pada kategori sedang. Dari segi
status kepemilikan sarana dan prasarana pembelajaran di SD Negeri SeKecamatan Suralaga yaitu 5,35 % tidak memiliki ketersediaan sarana dan
prasarana pembelajaran pendidikan jasmani. Sedangkan 1,82 % menyewa sarana
dan prasarana pembelajaran, dan 42,83 % milik sendiri.
Kata Kunci: Survei, Sarana Prasarana Pembelajaran, Pendidikan Jasman