Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada dampak bulliying
terhadap perubahan perilaku belajar siswa di MI NW 1 Kelayu Tahun 2018/2019.
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI NW 1
Kelayu dan sampel penelitian terdiri dari satu orang siswa kelas 4. Instrumen yang
digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan daftar pertanyaan. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari 5 tahap
yaitu data collection, data reduction, data display, drawing and verifying. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa bulliying memberikan dampak terhadap perilaku
belajar siswa seperti kurangnya motivasi dalam belajar di sekolah maupun di
rumah yang dibuktikan dari siswa sering tidak mengikuti kegiatan pembelajaran,
rasa percaya diri yang lemah dan sulit dalam bersosialisasi dengan lingkungan.
Kata Kunci: Dampak Bulliying, Perilaku Belajar