Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
pembelajaran strategi inquiri terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa
kelas V SDN 1 Tembeng Putik tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pre-experimental design bentuk one group pretestposttest.Populasi dalam penelitian ini yaitu semua kelas V SDN 1 Tembeng Putik
tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 17 orang.Adapun sampelnya adalah
seluruh populasi tersebut. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil
belajar siswa dengan menggunakan konsioner (Angket). Berdasarkan hasil
analisis data, dapat diuraikan bahwa pada hasil belajar terdapat nilai sebesar
5,758 dengan 1,746.Maka dapat disimpulkan jika > yang artinya
adanya pengaruh strategi inquiri terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa.
Maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh
strategy iinquiri terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas V SDN 1
Tembeng Putik tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci : Strategi inquiri dan pendidikanjasmani