Abstract :
ABDURAHMAN UMBU: PengembanganLembarKerjaSiswa (LKS)
Bergambarpadamatapelajaran IPA kelas V SDN 1 Pancortahunpelajaran
2018/2019. Skripsi. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar.
FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Kata Kunci :Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)
BergambarPelajaran IPA
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Siswa
(LKS) Bergambar pelajaran IPA dengan materi “ sumber daya alam dan kegiatan
manusia “ untuk kelas V SDN 1 Pancor. Diharapkan dengan mengembangkan
Lembar Kerja Siswa (LKS) Bergambar siswa menjadi lebih berminat dan
memiliki motivasi untuk belajar sehingga dengan adanya minat dan motivasi
dalam diri siswa untuk belajar akan lebih memudahkan siswa untuk memahami
materi pelajaran yang akan dipelajari.Jenis penelitian ini mengacu pada prosedur
pengembangan lima tahap yaitu analisis, desain, produksi, uji coba produk dan
revisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Pancor sebanyak 25
siswa. Jenis data dalam penelitian ini data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen
pengumpulan data meliputi validasi tim ahli, angket respon siswa, dan tes hasil
belajar.Hasil penelitian ini adalah mengembangkan produk Lembar Kerja Siswa
(LKS) Bergambar pelajaran IPA dengan materi sumber daya alam dan kegiatan
manusia yang layak digunakan sebagai pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan
hasil validasi ahli materi dan ahli media beserta angket respon siwa. Validasi ahli
materi menunjukkan skor 3,41 yang berada pada kategori cukup baik, dan skor
validasi ahli media 3,66 yang berada pada kategori baik dan respon siswa
terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) Bergambar mencapai 95% dengan kategori
sangat merespon. Sementara hasil penelitian uji coba lapangan diperoleh nilai
rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan 84%. Oleh karena itu pengembangan
Lembar Kerja Siswa (LKS) Bergambar dapat dikatakan baik dan layak digunakan
pada mata pelajaran IPA.