Abstract :
Senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan
berencana, di susun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan
mengembangkan pribadi secara harmonis. Dimana kegiatan senam ini sangat
di harapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan desai penelitian One Group Pretestposttes desigen dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang terdiri dari 7 orang
perempuan dan 15 orang laki-laki Penelitian dilakukan selama 6 minggu atau
satu bulan setengah frekuensi 3 kali perminggu. Hasil analisis di uji dengan
menggunakan T-test untuk mengetahui pengaruh pemberian senam pagi
terhadap minat belajar siswa SDN 3 Rensing.
Terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian perlakuan Senam
pagi terhadap minat belajar siswa Kelas 5 SDN 3 Rensing Kecamatan Sakra
Barat Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019, Hasil ini
dibuktikan dengan hasil hitung pada uji t kelompok pre-test dan post-test
sebesar 20.415 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,079. Jadi dapat disimpulkan
bahwa, guru berperan penting dalam mengontrol dan mengamati
perkembangan belajar anak didiknya pada saat pembelajaran, salah satunya
dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa salah satunya dengan
merutinkan kegiatan senam pagi di sekolah. Karena Senam pagi mampu
memberikan efek yang bagus terhadap aktifitas dan minat bekajar siswa.
Kata Kunci : Senam pagi, Minat Belajar siswa