Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menyimak
siswa kelas V SDI AL-BAROKAH Kalijaga Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019
dengan menggunakan media audio visual berbentuk video cerita rakyat, siswa
diberikan kesempatan untuk menonton dan menyimak video cerita rakyat dari
awal hingga akhir agar siswa mampu menceritakan kembali cerita yang sudah
mereka simak. Dengan demikian peneliti dapat menilai keterampilan menyimak
masing-masing siswa secara bergiliran berdasarkan empat aspek pada
keterampilan menyimak siswa diantaranya: 1) pemahaman isi teks 2) keruntutan
pengungkapan 3) kelancaran pengungkapan 4) ketepatan struktur kalimat. Jenis
penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen deskriptif kuantitatif.
Sampel penelitian ini adalah kelas V SDI AL-BAROKAH Kalijaga Tengah yang
berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kalimat instruksi
keterampilan menyimak siswa. Data dianalisis dengan menggunakan distribusi
frekuensi. Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti setelah melakukan
penelitian dengan perolehan skor nilai rata-rata siswa sebanyak 79,7 dengan
interval nilai 73-87 yang menyatakan bahwa tingkat keterampilan menyimak
siswa kelas V SDI Al-Barokah Kalijaga Tengah dengan bantuan media audio
visual pada tahun pelajaran 2018/2019 berada pada kategori sedang.
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Media Audio Visual