Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Papan Turnamen
diimplementasikan pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata
pelajaran m atematika kelas V SDN 06 Lenek Lauk.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi
model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 5 tahapan yang
disederhanakan. Penelitian ini dilakukan di SDN 06 Lenek Lauk dengan
melibatkan 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah lembar validasi ahli, dan angket respon siswa.
Pada penelitian ini didapatkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli
media, peneliti memperoleh skor 54 dengan rata-rata 3,8 dan mendapat kategori
baik. Sedangkan validasi yang dilakukan oleh ahli materi mendapat skor 55
dengan rata-rata 4,23. Sesuai dengan skor tersebut, dari segi materi media
pembelajaran papan turnament mendapat kategori sangat baik. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa media papan turnament layak digunakan pada proses
pembelajaran matematika kelas V SDN 06 Lenek Lauk. Dari hasil respon siswa
terhadap media papan turnamen, yang diperoleh pada uji coba lapangan adalah
jumlah skor yang diperoleh 857 dengan rata-rata 42,85. Maka kriteria respon
siswa terhadap media papan turnamen adalah tinggi dengan rentang nilai 42,85>
X ≥ 40,42. sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa pada media papan
turnamen adalah tinggi.
Kata kunci : Pengembangan Media Papan Turnamen, Pelajaran Metematika