DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MI NW DASAN LEKONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
YAKIN PURNAMA, AL
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2020-12-30 03:30:14 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar PKN Siswa Kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu True eksperiment post test only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 orang. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen berdistribusi normal (χ2hitung = 7,83 dan χ2tabel = 11,1) , kelas kontrol berdistribusi normal (χ2hitung = 7,41 dan χ2tabel = 11,1 ). (2) Berdistribusi homogenitas dengan F hitung = 1,28 dan F tabel = 2,24. (3)Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung 3,80 dan t-tabel 1,68. Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berbantuan media Audio Visual mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Pengaruh, Model Role Playing, Media Audio Visual, Hasil Belajar. 

File :
SKRIPSI_.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi