Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model
pembelajaran role playing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar
PKN Siswa Kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu True eksperiment
post test only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
yang berjumlah 38 orang. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan
homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen berdistribusi normal (χ2hitung = 7,83
dan χ2tabel = 11,1) , kelas kontrol berdistribusi normal (χ2hitung = 7,41 dan χ2tabel =
11,1 ). (2) Berdistribusi homogenitas dengan F hitung = 1,28 dan F tabel = 2,24.
(3)Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung 3,80 dan t-tabel 1,68. Artinya t-hitung > t-tabel
maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran Role Playing berbantuan media Audio Visual mempunyai
pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun
pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Pengaruh, Model Role Playing, Media Audio Visual, Hasil Belajar.