Abstract :
ASHABUL MAEMANAH: Analisis Dampak Media Sosial Facebook Terhadap
Pola Pendidikan Anak SD (Studi Kasus di SDN 4 Aikmel Kecamatan Aikmel
Kabupaten Lombok Timur) Tahun 2018. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Hamzanwadi.
Pembimbing I : Dr. Aswasulasikin, M.Pd
Pembimbing II : Susilawati, S.Pd, ME
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui dampak yang ditimbulkan dari media sosial facebook terhadap pola
pendidikan anak di SDN 4 Aikmel Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur
Tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV, V, dan VI. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki facebook dan
merupakan pengguna aktif di sosial media facebook. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media sosial facebook berdampak positif dan
negatif terhadap pola pendidikan anak SD. Adapun dampak yang lebih menonjol
dalam penelitian ini adalah berdampak negatif pada anak. Dikarenakan anak pada
usianya belum cukup dewasa dalam menggunakan situs facebook tersebut dan
masih memerlukan bimbingan dari keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar.
Demikian teknologi dari media sosial facebook menunjukkan perubahan pada
pola pendidikan anak SD dalam kegiatan sosial atau hubungan bersosialisasi
dalam dunia nyata. Hal ini terjadi karena lingkungan sekitar berpengaruh terhadap
tumbuh kembangnya anak usia SD. Adapun baik dan buruknya penggunaan dari
media sosial facebook tergantung dari pola pendidikan keluarga yang diberikan
pada anak.
Kata Kunci: Media Sosial Facebook, Pola Pendidikan.