Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku saku matematika
berbasis teori belajar Dienes yang layak untuk mata pelajaran matematika kelas 4
Sekolah Dasar Negeri 6 Sakra tahun pelajaran 2017/2018.
Model pengembangan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Borg and Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari (1) tahap analisis
kebutuhan; (2) tahap desain; (3) tahap pembuatan dan validasi produk; (4) tahap
revisi produk; (5) tahap uji coba lapangan; (6) tahap revisi akhir produk. Subjek
penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 6 Sakra sebanyak 27 orang siswa yang terdiri
dari 18 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswi perempuan. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument
pengumpulan data meliputi angket respon siswa, lembar validasi, hasil belajar,
lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
rumus konversi skala 4 untuk validasi buku saku.
Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli tampilan maka di dapatkan
kategori layak digunakan dengan revisi sesuai saran, sedangkan hasil validasi
produk dari ahli materi di dapatkan skor untuk buku saku adalah sangat layak.
Nilai skor dari ahli materi adalah 84,4, berada pada rentang skor, yaitu 81,25% ≤ V
≤ 100% yang berkategori sangat layak. Pengembangan buku saku matematika
berbasis teori belajar Dienes yang dikembangkan oleh peneliti di tinjau dari aspek
buku saku itu saja. Menurut validator ahli materi, dan ahli tampilan secara umum
bahwa buku saku yang dikembangkan oleh peneliti memilki kategori layak
digunakan dengan revisi sesuai saran. Hasil penelitian pada siswa SD kelas IV
(empat) menunjukkan hasil penelitian uji coba lapangan yakni; (a) Data hasil
angket respon siswa menunjukkan 95,6% siswa merespon ya. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa buku saku yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan
sangat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran matematika pada materi
Bilangan.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Saku Matematika Berbasis Teori Belajar
Dienes