Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Dasar
Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Siswa Kelas II SDN 6 Masbagik Utara
Pada Mata Pelajaran Matematika Tahun Peljaran 2018/2019â€. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif karena data-data yang diperoleh menggunakan angkaangka,
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode deskriftif model korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas II semester ganjil SDN 6 Masbagik Utara Tahun Peljaran 2018/2019
yang terdiri dari 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket
dan Observasi untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dengan
minat belajar siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis hasil
penelitian. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product
moment sebesar 0,901 dan rtabel sebesar 0,361 pada taraf signifikansi 5%. Jadi,
rhitung (0,901) > rtabel (0,361). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar
guru dengan minat belajar siswa kelas II SDN 6 Masbagik Utara tahun pelajaran
2018/2019.
Kata kunci: Hubungan Keterampilan dasar mengajar guru, Minat belajar siswa