Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dan
motivasi belajar siswa melalui metode yang berbeda – beda.Penelitian ini
merupakan penelitian komparasi atau perbandingan 2 metode pembelajaran yaitu
metode Take and Give dan metode STAD. Pada penelitian peneliti menggunkan
penelitian eksperimen tipe factorial design. Subyek penelitiannya adalah siswa
kelas V SDN 4 Montong Betok dan SDN 8 Montong Gading sebanyak 44 siswa
yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Data
yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrument
pengumpulan data berupa tes, kartu bermain dan penugasan. Tekhnik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif dan inferensial.
Hasil validasi menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode Take and
Give mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang
menggunakan metode STAD. Dengan rata – rata nilai Take and Give 74,79 dan
STAD 72,8.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil postes
siswa dibangdingkan hasil preetes yang sebelum menggunakan metode Take and
Give dan STAD. Adapun data hasil uji yaitu pada preetes nilai tertinggi yaitu 85
dan terendah 45, sedangkan pada postes nilai tertinggi 95 dan terendah 60 pada
metode take and give dan STAD.
Kata kunci: komparasi, metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar
siswa.