Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat dan mengembangkan
bentuk media pembelajaran interaktif audio visual kid’s atletik untuk mengetahui
apakah ada pengaruh media pembelajaran interaktif audio visual kid’s atletik
terhadap prestasi belajar pada siswa kelas 5 SD Negeri 1 Pancor. Jenis penelitian
ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan subjek penelitian
siswa kelas V SD Negeri 1 Pancor dengan jumlah 30 orang. Rancangan penelitian
menggunakan model pengembangan Sugiyono dengan 10 tahapan pengembangan
produk. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase dari hasil validasi
oleh validator ahli media dan ahli materi. Hasil análisis data menunjukkan
penggunaan media pembelajaran interaktif audio visual kid’s atletik telah dinilai
valid oleh para validator dengan nilai kevalidan yaitu 85,71% dari ahli media dan
91,67% dari ahli materi sehingga dikategorikan “sangat baik†dengan makna
“digunakanâ€. Observasi guru terhadap kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran interaktif audio visual kid’s atletik
menunjukkan persentase 94,79% untuk materi sprint gawang, 88,54% untuk
materi loncat katak, 92, 70% untuk materi lempar turbo, dan 91,66 untuk materi
formula 1
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kid’s Atletik, dan Prestasi Belajar