Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca
dan prestasi belajar siswa dengan pengembangan media pembelajaran Bahasa
Indonesia berbasis komik pada materi Kegiatan Keluarga kelas III SDN 1 Gereneng
Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan
yang diadaptasi dari model pengembangan Brog and Gall yang terdiri dari 10 langkah
pengembangan. Dari kesepuluh langkah model pengembangan tersebut peneliti hanya
menggunakan langkah pengembangan dari 1-6. Hasil Penelitian ini berdasarkan ahli
media dengan jumlah skor aktual 37 dengan kategori “baikâ€/valid (layak digunakan)
dan pada ahli peraktisi media komik dengan jumlah skor aktual 43 kategori “baikâ€
(layak digunakan), sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran dengan
menggunakan media komik setelah di analisis secara keseluruhan berada pada
katagori “setuju†dimana skor yang di dapatkan dari hasil respon siswa yang
menunjukkan bahwa dari 12 siswa 11 diantara siswa yang kategori responnya diatas
kurang setuju dan tidak setuju memberikan respon positif dengan rata-rata 40,5%.
Berdasarkan tes hasil uji coba skala kecil setelah dilakukan postes diantara 8 siswa
yang mengikuti tes 1 orang tuntas dan 7 tidak tuntas dengan ketuntasan mencapai
80,5%, kemudian dilakukan uji coba skala besar dengan jumlah siswa 23. Hal ini
menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Komik yang telah dikembangkan
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa serta sudah dianggap layak dan efektif untuk
digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Komik , Pelajaran Bahasa Indonesia, Minat Baca Siswa