Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dalam
mengimplementasikan sikap kepercayaan diri siswa di sekolah, hambatanhambatan guru dalam mengimplementasikan sikap kepercayaan diri dan
mengetahui peranpsikologi olahraga untuk membentuk kepercayaan diri pada
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan proses studi
kasus (case study). Dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling,
sampel penelitian ini adalah siswa kelas V MI NW Kelayu Jorong. Teknik
pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan
deskripsi hasil dan pembahasan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi
yang telah direduksi dan didispaly serta berdasarkan pembahasan yang dilakukan
dapat ditarik kesimpulan bahwa peran psikologi olahraga untuk membentuk
kepercayaan diri siswa dalam mengikuti pemebelajran olahraga MI NW Kelayu
Jorong terbentuk melalui sikap keyakinan kemampuan diri, optimis, objektif,
bertanggung jawab.
Kata kunci: kepercayaan diri, peran psikologi olahraga
.