Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pola hidup sehat
melalui efektifitas pemberdayaan UKS siswa/siswi SDN 3 Sandubaya kelas IV,
V, dan VI. Jenis penelitian ini ialah deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kuesioner.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 88 siswa/siswi kelas IV, V,
dan VI, maka disesuaikan dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik analisis data
menggunakan presentase.
Pendidikan kesehatan masuk pada kategori baik sekali mencapai nilai 95.87%.
Kemudian pelayanan kesehatan pada kategori baik sekali mencapai nilai 85.12%.
Dan untuk lingkungan hidup sehat pada kategori baik sekali mencapai nilai
92,95%, hal ini disebabkan karena perawatan lingkungan sekolah sudah menjadi
kebiasaan semua siswa umumnya warga sekolah untuk membersihkannya
termasuk kebersihan ruang kelas dengan kegiatan piket yang dilakukan setiap hari
dan kebiasaan siswa membuang sampah pada tempatnya.
Kata Kunci: Pola Hidup Sehat, Efektifitas Pemberdayaan UKS.