Abstract :
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas alat bantu matras
miring terhadap hasil belajar siswa dalam melakukan roll belakang .â€Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian eksperimen. Desain/rancangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pre-exsperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII Sebanyak 20 Siswa, pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik sampling jenuh. Jadi sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas VII yang berjumlah 20 orang.Variabel
bebas dalam penelitian ini yaitu matras miring, adapun variabel terikat yaitu hasil
belajar siswa dalam melakukan roll belakang. Dari hasil penghitungan
menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (6,44 > 1,729)
pada taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa Penggunan alat bantu matras
miring efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan roll belakang
pada siswa kelas VII SMP Islam Terampil nurul mujahidin nahdlatul wathan
pancor kopong T.P 2018/2019.
Kata Kunci: Matras miring, hasil belajar siswa, roll belakang