Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perilaku yang tidak sesuai
dengan karakter sehari-harinya di MI NW 04 Pancor. Seperti masih kurang dalam
berdisiplin baik itu ketika belajar maupun setelah belajar. Karakter yang baik
seperti tanggung jawab, berani, kerjasama, percaya diri, sopan santun dan lain
lain. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru penjas di MI NW 04
Pancor, selain itu, terdapat juga informan pelaku dan informan tahu yang terdiri
dari Kepala Sekolah, guru kelas 3, dan guru kelas 5.
Hasil menunjukkan bahwa peran guru penjas dalam membina karakter
disiplin peserta didiknya sudah terlaksana dengan baik dalam pembelajaran
maupun diluar jam pelajaran. Bagi para peserta didik, guru penjas mampu
menunjukkan keteladanannya seperti disiplin dengan datang di sekolah lebih
awal, memotivasi peserta didik dengan memberikan apresiasi maupun hukuman
yang membangun, guru penjas sudah memiliki karakter yang baik dalam bertutur
kata dan bertingkah laku. Serta guru penjas juga berperan aktif dalam membina
pendidikan karakter. Lalu guru penjas juga melakukan evaluasi diakhir maupun
diluar pembelajaran dengan melakukan pembiasaan pada peserta didik untuk
memiliki rasa tanggung jawab. Hal tersebut memberi manfaat positif bagi
lingkungan sekolah di MI NW 04 Pancor, sehingga dapat terciptanya peserta didik
yang berkarakter.
Kata Kunci: Guru Penjas, Karakter Disiplin.