Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam
melakukan lompat tinggi gaya guling perut (straddle). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap hasil
peningkatan kemampuan lompat tinggi gaya guling perut (straddle) pada siswa
kelas VI SD Negeri 3 Keselet. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest
posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 3 Keselet
yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar program
latihan, lembar penilaian, karet gelang yang diuntai, pipa, matras, dll. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis dengan rumus Chi Square. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap
hasil peningkatan kemampuan lompat tinggi gaya guling perut (straddle) pada
siswa kelas VI SD Negeri 3 Keselet. Pengaruh diketahui dari hasil uji hipotesis (
uji T) bahwa didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu t hitung (3,731) > t
tabel (1,671). Ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata kunci: Pendidikan jasmani, permainan, lompat tinggi.