Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap
motivasi belajar siswa kelas II sdn 4 Tebaban tahun pelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini
siswa kelas II sebanyak 6 orang, orang tua siswa sebanyak 6 orang, dan wali kelas
II. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis data model alier Miles dan Huberman. Dari hasil
wawancara orang tua, siswa, dan wali kelas II dapat disimpulkan bahwa orang tua
yang menerapkan pola asuh demokratis dapat mengontrol kegiatan yang
dilakukan anak, mengatur waktu belajar anak, memberikan bimbingan belajar dan
pemberian motivasi sehingga motivasi belajar anak menjadi tinggi sedangkan
orang tua yang menerapkan pola asuh permissif yang dimana orang tua kurang
dalam mengontrol anak dalam hal belajar mengakibatkan motivasi belajar anak
menjadi rendah.
Kata kunci: pola asuh orang tua, motivasi belajar