Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat efektivitas
permainan tradisional kuda bisik terhadap penguasaan kosakata benda pada anak
kelompok B. Model pengembangan yang digunakan adalah Tipe Borg and Gall
yang telah disederhanakan menjadi 7 tahapan yang terdiri dari pengumpulan
informasi, perencanaan, pembuatan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi
utama, uji coba lapangan utama dan revisi akhir. Permainan yang dikembangkan
divalidasi oleh 1 ahli media dan 1 ahli materi. Subjek uji coba terbatas berjumal
10 orang anak dan pada uji lapangan berjumlah 22 anak yang dilakukan pada 2
sekolah yaitu TK Hamzanwadi Pancor dan TK Ummi Adniah NW. Instrumen
yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang
digunakan adalah, Konversi, Persentase keberhasilan anak dan Ketuntasan hasil
Belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli media
memperoleh skor “31†(kriteria Baik), hasil dari ahli materi memperoleh skor
“32†(kriteria Baik). Observasi diperoleh persentase secara individual yaitu 32%
anak dapat dikategorikan “BSH†dengan jumlah “7†anak, dan 68% anak
dikategorikan “BSB†dengan jumlah “15†anak. Untuk persentase tes hasil
belajar secara klasikal diperoleh 100% dengan kategori “BSH†dan “BSBâ€.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa permainan Kuda
Bisik valid dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dan untuk
meningkatkan penguasaan kosakata benda pada anak kelompok B.
Kata kunci: permainan tradisional, kuda bisik, kosakata benda