Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik
terhadap perkembangan kognitif Anak kelompok B4 di TK Islam Selong Tahun
2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan
metode penelitian eksperimental dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan
jenis One Grup Pretest-Posttest.Subjek penelitian ditentukan dengan teknik
random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 19 anak kelompok B4.Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pendekatan saintifik terhadap
perkembangan kognitif anak (thitung= 4,33 > ttabel= 1,734) sehingga hipotesisnya
diterima. Adanya perbedaan terhadap perkembangan kognitif anak, dengan prstest
diperoleh rata-rata total presentase keseluruhan 31% yang dicapai oleh semua
anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang
(MB)†dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata
persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 68% dengan kategori
penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)â€.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, , perkembangan kognitif anak.