Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pada interaksi
sosial anak terhadap lingkungannya dengan memberikan layanan bimbingan
sosial pada anak kelompok B PAUD AZ-Zikro Desa Dasan Borok Tahun ajaran
2018/2019.Jenis penelitian ini menggunakan penelitiatian tindakan kelas (PTK).
Desain penelitian menggunakan model kemmis mc teggart dengan empat tahapan
yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas B PAUD Az-Zikro Sari Indah Desa Dasan Borok berjumlah 13
orang anak, 8 laki-laki dan 5 perempuan. Tehnik pengumpulan data menggunakan
observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yang digunakan dalam
mengumpulkan data lembar observasi dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian dalam penelitian ini pada pra siklus 52%, siklus I
70% dan siklus II 87% rata-rata persentase setiap siklus meningkat secara
signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian layanan
bimbingan sosial dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak kelompok
B PAUD Az-Zikro tahun Ajaran 2018/2019
Kata kunci : kemampuan bersosialisasi, layanan bimbingan sosial, ptk